Mengenal Pengertian, Tujuan, Dan Karakteristik Wirausaha

Kata etik biasanya dipakai untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang disebut “kode” sehingga muncul apa yang disebut “kode etik”. Etika berhubungan dengan kesusilaan dalam mengerjakan satu pekerjaan. Jadi, “kode etik guru” diartikan sebagai “aturan tata susila keguruan”. Bagi pelakunya secara nyata dituntut berkecakapan kerja sesuai dengan tugas-tugas khusus serta tuntutan dari jenis jabatannya . Perlu dibedakan antara jenis pekerjaan yang menuntut dan dapat dipenuhi lewat pembiasaan melakukan keterampilan tertentu .

Semua orang tentu ingin terlihat sebagai orang yang dapat dipercaya, orang cerdas yang memiliki segudang ilmu, dan orang yang memiliki keahlian dalam suatu bidang ilmu tertentu. Saat orang profesional melakukan tugas profesinya, mereka harus bertindak objektif atau terbebas dari sikap subjektif yang hanya bertindak berdasarkan pada perasaan atau selera saja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa profesional yaitu orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya.

PPPK yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya dapat diberikan penghargaan. PPPK yang dinilai oleh atasan dan tim penilai kinerja PPPK tidak mencapai target kinerja yang telah disepakati dalam perjanjian kerja diberhentikan dari PPPK. Pengadaan calon PPPK merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pada Instansi Pemerintah.

Bagaimana untuk selalu mempunyai sikap profesional

Pengangkatan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk memangku jabatan terutama jabatan yang penting yang mempunyai ruang lingkup yang luas merupakan kepercayaan yang besar dari Negara. Dalam melaksanakan tugas itu diperlukan pengabdian, kejujuran, keikhlasan, dan tanggung jawab yang besar. Untuk menjamin agar setiap Pegawai Negeri Sipil selalu berupaya terus meningkatkan kesetiaan ketaatan, dan pengabdiannya tersebut, ditetapkan ketentuan perundang-undangan yang mengatur sikap, tingkah laku, dan perbuatan Pegawai Negeri Sipil, baik di dalam maupun di luar dinas. 1.Kode Etik Profesi Hakim ialah aturan tertulis yang harus dipedomani oleh setiap Hakim Indonesia dalam melaksanakan tugas profesi scbagai Hakim.

Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa ini akan mampu mendorong hakim untuk berperilaku baik dan penuh tanggung jawab sesuai ajaran dan tuntunan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Seorang pustakawan dalam menjalankan tugasnya dituntut untuk mengejar kesempurnaan hasil, melalui sikap profesionalisme pustakawan maka kegiatan yang terdapat pada perpustakaan akan berjalan dengan baik. Dampak dari sikap profesionalisme tersebut adalah pustakawan akan memegang peran penting dan semakin diberi apresiasi profesi pustakawan oleh berbagai kalangan dan juga mengangkat citra dari lembaga akan menjadi lebih baik. Pustakawan profesional dapat memberikan pelayanan prima kepada pengguna yang dilandasi oleh pengetahuan dan kemahiran teknis yang didapatkan dari proses pendidikan atau pelatihan yang panjang. Pustakawan yang profesional selalu menaati kode etik yang telah dibuat dan disepakati bersama di dalam sebuah organisasi profesi kepustakawanan. Integritas tinggi pada hakekatnya bermakna mempuyai kepribadian utuh tidak tergoyahkan, yang terwujud pada sikap setia dan tangguh berpegang pada nilai- nilai atau norma- norma yang berlaku dalam melaksanakan tugas.

Didalam pasal 1 butir 8 undang-undang No eight tahun menyatakan Bahwa Hakim adalah pejabat peradilan Negara yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk mengadili. Asosiasi dari anggota-anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang akrab dengan kualitas komunikasi yang tinggi antar anggota. Tiap-tiap profesional itu dituntut untuk mengedepankan keadilan dalam menjalankan pekerjaannya.

Hal ini penting, sebab bisa saja kamu justru menjadi penyebab sikap negatif kolegamu tersebut di lingkungan kerja. Cobalah untuk berempati dan memandang masalah ini dari sudut Kakek Merah yang berbeda, sehingga kamu tidak selalu melihat segala sesuatunya dari sisimu saja. Berikan saran dalam porsi yang tepat, sesuai dengan kebenaran cerita yang disampaikannya.